x

.

Thursday, 12 September 2013

Pidato (Tentang PR)


Ini adalah pidato yang saya buat asal2an untuk memenuhi tugas(lagi) Bahasa Indonesia dari ibu Waktu Indonesia Timur(ibu WIT). Gara2 pidato jelek ini, saya tidak sempat belajar fisika dan keesokan harinya, saat ualangan fisika, SAYA SURAM!!! Tapi tak apalah, saya masukin saja di blog saya ini, sebagai kenang2an dan pembelajaran bahwa sebenarnya pidato itu bisa membuat nilai ulangan Fisika menjadi jelek. Ini adalah teori terbaru yang saya temukan. Kenapa bisa? Karena dalam pidato terdapat atom yang membentuk sebuah reaksi senyawa biner yang membuat jumlah gaya menjadi hasil integral parsial dari sudut bias yang mengalami diferensialitas dalam bentuk respirasi anaerob. Keren ya??? Iya emang gak nyambung... Oke, ini dia pidato yang saya buat. Dijamin jelek.

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua. Yang terhormat Ibu guru. Dan yang saya sayangi Teman – teman semua

Pertama – tama kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan yang maha Esa atas berkatnya, kita semua dapat berkumpul di kelas kita yang tercinta ini dalam keadaan sehat. Pada pagi hari ini, saya ingin membahas tentang pengaruh pemberian PR terhadap prestasi belajar siswa.

Pekerjaan rumah atau biasa disingkat PR bagi sebagian siswa adalah suatu momok yang menakutkan, Hampir setiap malam siswa diajak untuk mengerjakan PR. Meskipun PR yang diberikan oleh bapak/ibu guru bertujuan baik tapi PR-PR itu terkadang sering menjadi bumerang bagi siswa dan bahkan bagi guru yang bersangkutan. Misalnya pada pemberian PR yang terlalu banyak. Hal ini dapat membuat beberapa murid merasa bosan dan bahkan tertekan, sehingga terkadang murid lebih memilih untuk tidak mengerjakan PR dan menerima hukuman, atau memilih tidak masuk sekolah karena belum mengerjakan PR. Pemberian PR yang terlalu banyak juga dapat membuat guru yang bersangkutan dibenci oleh murid sehingga murid juga akan membenci pelajaran yang diberikan oleh guru itu. Tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh pada prestasi siswa disekolah.

Ibu guru dan teman – teman yang saya kasihi, tapi tahukah kita bahwa siswa yang berprestasi disekolah adalah siswa yang memiliki tingkat pengerjaan PR yang tinggi? Di kelas ini, kita ambil contoh saja Alvin. Dia sangat sering mengerjakan PR meskipun PR yang diberikan banyak dan terkadang juga sulit. Atau kita lihat saja Putri. Hampir tidak pernah absen mengerjakan PR yang diberikan oleh bapak/ibu guru. Sebagian besar mereka mengerjak PR-nya dengan mandiri. Hal ini sangat berpengaruh pada prestasi belajar mereka seperti yang dapat kita lihat sendiri. PR menjadi salah satu aspek pendukung yang penting bagi keberhasilan mereka mendapat peringkat umum.

Sesungguhnya, PR mempunyai banyak manfaat. Selain untuk menambah nilai pelajaran dalam raport, PR juga dapat melatih keterampilan berpikir siswa, melatih pendalaman konsep materi yang telah diajarkan, melatih menejemen waktu, melatih kreatifitas siswa, dan bahkan mampu melatih mental kita agar ketika kita kuliah, sudah tidak kaget lagi dengan banyaknya tugas – tugas yang diberi. Tetapi agar bisa mendapatkan tujuan yang optimal dari PR yang diberikan, kita harus mengerjakannya dengan cara yang optimal pula.

Dalam mengerjakan PR secara optimal, Sebenarnya hanya ada dua hal yang harus kita miliki. Yang pertama adalah niat. Niat meliputi rasa ingin tahu, sikap pantang menyerah, tidak menumpuk PR, mengerjakan dengan perasaan yang tulus, dan lain-lain. Dan hal kedua yang kita butuhkan adalah Alat tulis. Kita tidak bisa mengerjakan PR tanpa ada alat tulis.

kita dapat membentuk niat dengan cara yang sederhana, menanamkan dalam diri kita semboyan “ yang penting kerja”. Memang benar sesulit dan sebanyak apapun PR yang diberikan bapak/ibu guru, kita harus mengerjakannya. Tetapi tidak dengan cara menyontek, melainkan usaha sendiri, juga dapat bertanya pada teman yang mampu. Urusan benar atau salah adalah yang nomor 7. Nomor 1 sampai 5 masih tetap pancasila, nomor 6 ialah semboyan “yang penting kerja”, dan di nomor 7, baru kita perhatikan benar atau tidak PR yang telah kita buat.

Teman – teman yang saya kasihi, Kita dapat meningkatkan prestasi belajar dengan cara yang sederhana yaitu mulai dari belajar mengerjakan PR, belajar memikul tanggung jawab kecil yang diberikan oleh bapak/ibu guru kepada kita. Ketika kita sering mengerjakan PR maka dengan sendirinya anggapan kita tentang PR yang menjadi momok bagi kita akan lenyap.

Dalam semua PR yang diberikan oleh bapak/ibu guru, pasti ada tujuan baik yang terdapat didalamnya. Marilah kita meyakini bahwa dengan kita rutin mengerjakan PR yang diberikan bapak/ibu guru, keterampilan berpikir kita akan meningkat, kita akan semakin mengerti materi yang diajarkan, terlatih dalam memenejemen waktu, kreatifitas dan mental meningkat guna meningkatkan prestasi belajar kita agar kelak, kita dapat berguna bagi sesama, juga bagi nusa dan bangsa.

Demikian yang dapat saya sampaikan, atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya, saya ucapkan Terima kasih.
2 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

2 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungan anda.
Tinggalkanlah komentar anda disini karena komentar anda sangat berguna bagi Blog ini.